BAB I
PENDAHULUAN
Google…
Unik namanya, Unik sejarahnya,
Siapa yang tak kenal dengan Google. Bagi semua peselancar dunia cyber
pasti sudah sangat akrab dengan Om Google ini. Google sangat terkenal
dengan mesin pencari di rimba belantara dunia maya. Yang perlu dilakukan
hanyalah mengetik kata sandi yang diinginkan maka Om Google akan
melacak dan mencari informasi apapun yang diinginkan.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas, tulisan ini ingin mengetahui bagaimana asal muasal google itu sendiri, yakni:
1. Bagaimana berdirinya google?
2. Faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi berdirinya google?
3. Bagaimana strategi pengembangan google di era modern saat ini?
1.3. Tujuan Penulisan
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui asal muasal sejarah google akan informasi yang telah melewati semua batasan yang ada.
1.4. Manfaat Penelitian
Maksud dan tujuan diadakan penulisan terhadap sejarah google yakni :
1. Guna mendapatkan data dan informasi bagaimana berdirinya google.
2. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi berdirinya google.
3. Untuk memenuhi salah satu persyaratan penyelesaian tugas akhri studi.
4. Untuk meningkatkan dan menambah wawasan penulis tentang sejarah google.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Google
'Google' adalah sebuah istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti
oleh 100 angka nol. Hal tersebut mungkin menyimbolkan besarnya ambisi
Google dan meningkatnya dampak yang ditimbulkan oleh pasar yang dinamis
dan pemasaran. Pada tahun 1995, Larry Page dan Sergey Brin menciptakan
sesuatu di kamar tidur mereka di Universitas Stanford. Sesuatu yang
dalam kurun waktu lima tahun sudah dapat berurusan dengan 100 macam
pencarian di internet setiap hari, dan mereka menjadi miliarder dalam
waktu kurang dari satu dekade. Google memiliki visi yang sederhana,
untuk menjadi 'mesin pencari yang sempurna' atau, seperti yang dikatakan
oleh Page, "Sesuatu yang mengerti apa yang Anda inginkan, dan
memberikan informasi sesuai dengan yang Anda harapkan." Kini, dengan
memiliki lebih dari 80 juta pemakai, yang melakukan pencarian di antara
lebih dari delapan triliun situs, Google menjadi lebih mapan, dan
menjadi leader di dunia search engine.
Tentu saja, hampir semua 'pemasaran' saat ini mulai dengan "sebuah
Google": buku-buku teks tidak mengikutsertakannya dalam teori mereka
tentang alur komunikasi, dan beberapa agensi iklan berani mengakuinya,
tetapi hal tersebut benar-benar mewakili kendali atas konsumen,
transaksi yang dipicu oleh pelanggan itu sendiri, dan kekuatan yang kini
beralih ke pihak pelanggan di dunia yang kompleks saat ini.
Kesadaran akan sebuah merek dicapai dengan cara melalui mulut ke mulut
dan dampak menyebar seperti virus melalui click-click yang dilakukan
antara situs yang satu ke situs yang lain, revenue pun dapat diperoleh
dengan cara menggunakan para pengiklan untuk menarget pengguna-pengguna
online melalui cara-cara yang efisien dan canggih. Google berargumentasi
bahwa hal ini membuat periklanan menguntungkan bagi kedua belah pihak,
baik pihak pelanggan maupun pihak pengiklan yang memasang iklan
tersebut. Mereka percaya para pelanggan harus tahu dan melihat iklan
tersebut apabila pengiklan sudah membayar mahal untuk memasang iklan di
depan mata para pelanggan. Jadi, mereka mencari cara untuk membedakan
iklan agar terlihat menonjol di antara hasil-hasil pencarian yang muncul
dari halaman situs-situs lainnya. Tentu saja, Google tidak menjual
penempatan konten-konten pada hasil pencarian sendiri, ataupun
mengizinkan orang membayar lebih agar mendapatkan ranking lebih tinggi
di sana.
Ribuan pengiklan menggunakan Google AdWords untuk mempromosikan produk
dan jasa mereka lewat internet dengan target yang spesifik, dan
merupakan program yang terbesar. Sebagai tambahan, ribuan manajer
website mengambil keuntungan dari program Google AdSense untuk beriklan
dengan konten yang relevan dengan situs mereka. Hal tersebut juga
mengembangkan kemampuan mereka untuk meningkatkan pendapatan dan
meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. The basic ranking system
(sistem peringkat dasar) adalah sebuah model dari demokrasi
pelanggan--peringkat pencarian menentukan seberapa populer situs-situs
yang ada, yang dibantu juga dengan situs-situs lain yang saling
terhubung satu sama lain dan mendukung sistem jaringan yang lebih
terbuka.
Google tetap kuat bertahan di dunia yang kompleks dengan berpegang pada
filosofinya yang dibangun menurut "sepuluh prinsip". Sementara
kepercayaan diri mereka telah banyak mengalami tantangan--tidak hanya di
pasar yang banyak mengalami gangguan, tetapi juga seperti contoh pada
waktu 2004 Nasdaq flotation, ketika Google memaksa para investor supaya
tidak memperlakukan mereka seperti perusahaan normal pada
umumnya--keyakinan mereka merupakan pedoman kokoh yang memungkinkan
mereka tetap fleksibel sembari tetap menuju ke arah yang benar.
1. Tetap fokus kepada konsumen, dan yang lainnya akan mengikuti.
Sementara perusahaan lain mengakui bahwa mereka menempatkan konsumen
pada urutan pertama, hanya sedikit dari mereka yang mampu menahan godaan
membuat pengorbanan kecil untuk meningkatkan nilai saham perusahaan.
2. Lebih baik melakukan satu hal dengan sebaik-baiknya. Google hanya
melakukan pencarian (search). Google tidak melakukan horoskop, nasihat
keuangan, atau chatting. semua staf yang ada seluruhnya didedikasikan
untuk menciptakan search engine atau mesin pencari yang sempurna.
3. Cepat lebih baik daripada lambat. Google percaya pada kepuasan yang
instan. Anda membutuhkan jawaban atau informasi, dan Anda membutuhkannya
sekarang juga. Tidak diragukan lagi.
4. Demokrasi bekerja di internet. Google berhasil bekerja karena ia
bergantung pada jutaan situs-situs individual yang di-posting untuk
menentukan situs-situs mana yang menawarkan konten yang bermutu ..
.
5. Anda tidak perlu harus berada di meja Anda sendiri apabila sedang
memerlukan jawaban. Dunia ini menjadi semakin mobile dan tidak zamannya
lagi terikat di satu tempat saja ... Melalui PDA, mobile phones, atau di
dalam mobil mereka.
6. Anda dapat menghasilkan uang tanpa harus berbuat jahat. Google adalah
sebuah bisnis. Pendapatan dan keuntungan mereka didapat dengan
menawarkan teknologi pencarian (search) mereka ke perusahaan-perusahaan
dan dari pemasangan iklan-iklan ...
7. Akan selalu ada informasi lebih di luar sana. Setelah kita mencari
lebih banyak halaman situs dari fasilitas pencarian yang lain, kita
memfokuskan diri pada informasi yang tidak tersedia secara langsung,
seperti gambar-gambar atau file-file PDF.
8. Kebutuhan akan informasi telah melewati semua batasan yang ada.
Google telah memfasilitasi akses untuk informasi ke seluruh dunia ...
Interface-nya dapat dikustomisasi menjadi kira-kira sebanyak 100 macam
bahasa.
9. Anda dapat menjadi serius tanpa pakaian formal. Pendiri-pendiri kami
ingin menciptakan perusahaan yang tidak terlalu serius pada hal-hal
lain, kecuali pada pencarian (search) ... Pekerjaan haruslah menantang,
dan pekerjaan juga haruslah menyenangkan.
10. Great, tidaklah cukup baik. Selalu harus memberi lebih dari yang
diharapkan. Melalui inovasi, kita mengambil sesuatu yang berjalan baik
dan mengembangkannya dengan cara-cara yang tidak terduga.
Tampilan Google pada tahun 1998.
Google Inc. (NASDAQ: GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan
publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan
online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan
memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008)[5][6] Filosofi
Google meliputi slogan seperti "Don't be evil", dan "Kerja harusnya
menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan", menggambarkan budaya
perusahaan yang santai. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey
Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan
perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004,
mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar.
Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan
mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan
awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan
online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
• Produk
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar produk Google Antarmuka
Gmail, layanan surat elektronik Google, dalam bahasa Indonesia. Google
telah membuat layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis dan
masyarakat; termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi
bisnis.
• Periklanan
Kebanyakan dari pendapatan Google berasal dari program periklanan. Untuk
keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah
keuntungan periklanan sebesar $10,492 milyar dan hanya $112 juta pada
pendapatan lisensi dan lainnya. Google AdWords membolehkan pengiklan web
menampilkan iklannya dalam hasil pencarian Google dan Google Content
Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik atau bayar-per-lihat.
Pemilik website Google AdSense juga dapat menampilkan iklannya di situs
mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik.
• Aplikasi
Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan
sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007,
Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan
dengan saham pasaran sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live
Search (12,9%).[8] Google memiliki milyaran halaman web, sehingga
pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui
penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan
teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk,
Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product
Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan
lainnya. Tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web
gratisnya, disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi
penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk
mencari surel. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan
iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang
ditampilkan di layar.
Pada awal 2006, perusahaan ini meluncurkan Google Video, yang tidak
hanya membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara
gratis, tetapi juga membolehkan pengguna dan penyebar media menyebarkan
isinya, termasuk acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan
video musik. Bulan Agustus 2007, Google mengumumkan bahwa mereka akan
menghentikan program penyewaan dan penjualan videonya dan menawarkan
pengembalian uang dan kredit Google Checkout bagi pengguna yang telah
membeli video untuk sendiri. Google juga telah membuat beberapa aplikasi
desktop, termasuk Google Earth, sebuah program pemetaan interaktif yang
disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan
planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetil.
Beberapa kota besar memiliki gambar jelas yang dapat dibesarkan
sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas.
Akibatnya, terdapat beberapa alasan mengenai keterlibatan dalam keamanan
nasional. Secara spesifik, beberapa negara dan militer beranggapan
perangkat lunak ini dapat digunakan untuk melihat dengan kejelasan
dekat-jelas lokasi fisik infrastruktur yang rusak, bangunan komersial
dan penghunian, pangkalan, agensi pemerintah, dan lainnya. Bagaimanapun,
gambar satelit jarang diperbarui, dan semuanya tersedia gratis melalui
produk lainnya dan bahkan sumber pemerintah (NASA dan National
Geospatial-Intelligence Agency, sebagai contoh). Beberapa orang menilai
argumen ini dengan menyatakan bahwa Google Earth mudah diakses juga saat
mencari lokasi.
Beberapa produk lainnya tersedia melalui Google Labs, yang mana
merupakan sebuah koleksi aplikasi yang belum selesai dan masih dalam
tahap ujicoba agar dapat digunakan publik. Google telah mempromosikan
produk mereka dalam berbagai cara. Di London, Google Space didirikan di
Bandar Udara Heathrow, menampilkan berbagai produk, termasuk Gmail,
Google Earth dan Picasa. Juga, sebuah halaman yang sama diluncurkan
untuk mahasiswa Amerika, dibawah nama
• College Life, Powered by Google.
Tahun 2007, beberapa laporan menyatakan bahwa Google merencanakan
peluncuran telepon genggam milik mereka, kemungkinan sebuah pesaing bagi
iPhone Apple. Pada 5 November 2007, Google akhirnya mengumumkan
Android, sebuah platform perangkat lunak dan sistem operasi bagi
perangkat bergerak yang didukung Open Handset Alliance, sebuah
konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan perangkat lunak, perangkat
keras, dan telekomunikasi yang bertujuan mengembangkan standar terbuka
bagi perangkat bergerak. Pada bulan September 2008, T-Mobile merilis
ponsel pertama yang berjalan pada platform Android, yakni G1. Bulan
Oktober 2007, layanan Google SMS diluncurkan di India dan membolehkan
pengguna memperoleh daftar bisnis, jadwal pemutaran film dan informasi
dengan mengirim pesan singkat.
Google juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. Browser ini cukup cepat dan tampilannya minimalis.
• Produk turunan
Tahun 2007, Google meluncurkan Google Apps Premier Edition, sebuah versi
lain Google Apps yang difokuskan terutama pada pengguna bisnis. Produk
ini memiliki beberapa tambahan seperti ruang disk lebih banyak untuk
e-mail, akses API, dan penyokong utama, dengan harga USD50 per pengguna
per tahun. Sebuah pertemuan besar Google Apps dengan 38.000 pengguna
dilaksanakan di Universitas Lakehead di Thunder Bay, Ontario,
Kanada. Pada 13 Desember 2007, Google mengumumkan peluncuran terbatas
Knol, sebuah situs web yang ditujukan sebagai sumber referensi
pengetahuan. Knol dibuka bebas kepada semua pengguna pada 23 Juli 2008.
• Platform
Layanan Google berjalan pada beberapa ladang server, setiap ladang
berisi ribuan komputer komoditas bertarif rendah yang menjalankan versi
Linux. Sementara perusahaan ini tidak menyediakan informasi mendetil
mengenai perangkat kerasnya, sebuah perhitungan tahun 2006 menyatakan
bahwa terdapat 450.000 server, dikelompokkan dan diletakkan di pusat
data di seluruh dunia.
• Kebiasaan dan budaya perusahaan
Google dikenal dengan etos kerjanya yang santai, yang mengingatkan
kepada musim Dot-com. Bulan Januari 2007, budaya Google tersebut
dipelajari oleh Fortune Magazine dan menempati urutan #1 (dari 100)
perusahaan terbaik untuk bekerja. Filosofi perusahaan ini didasarkan
pada berbagai prinsip biasa seperti, "Anda dapat menghasilkan uang tanpa
melakukan vandal", "Anda dapat bekerja serius tanpa mengenakan
seragam," dan "Bekerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya
menyenangkan." Sebuah daftar lengkap fundamental perusahaan tersedia di
website-nya. Budaya bekerja santai Google dapat dilihat dari logo
Google-nya yang bervariasi pada hari-hari penting. Google telah dikritik
karena melakukan penggajian di bawah standar industri. Contohnya,
beberapa administrator sistem digaji kurang dari $35.000 per tahun –
dianggap kurang untuk pasaran kerja Bay Area. Bagaimanapun, performa
saham Google setelah IPO telah membolehkan banyak karyawan awal diberi
ganti rugi dengan berpartisipasi dalam pertumbuhan kekayaan perusahaan.
Google mengimplementasikan insentif karyawan lainnya tahun 2005, seperti
Google Founders' Award, dengan tambahan untuk memberikan gaji besar
kepada karyawan baru. Kenyamanan, budaya, popularitas global, dan
penghargaan terhadap merek kuatnya juga telah menarik banyak pelamar
kerja yang berpotensi.
Setelah IPO pada Agustus 2004, dilaporkan bahwa pendiri Sergey Brin dan
Larry Page, dan CEO Eric Schmidt, meminta bahwa gaji mereka dipotong
menjadi $1. Penawaran yang akan datang oleh perusahaan untuk
meningkatkan gaji mereka telah dibatalkan, terutama karena, "ganti rugi
utama mereka akan datang dari pengembalian kepemilikan saham di Google.
Sebagai pemegang saham signifikan, kekayaan masing-masing dikaitkan
secara langsung untuk menyeimbangkan performa dan apresiasi harga saham,
yang menyediakan persilangan langsung dengan ketertarikan pemegang
saham." Tahun 2004, Schmidt digaji $250.000 per tahun, dan Page dan Brin
masing-masing digasji $150.000.
Mereka semua telah menolak penawaran bonus dan peningkatan ganti rugi
oleh dewan direktur Google. Pada laporan orang terkaya Amerika Serikat
tahun 2007, Forbes melaporkan bahwa Sergey Brin dan Larry Page menempati
urutan #5 dengan kekayaan $18,5 milyar masing-masing.
Googleplex
Sambil bermain-main dengan nama Google, kantornya, di Mountain View,
California, diberi nama "Googleplex" — sebuah googolplex yaitu 1 diikuti
seratus nol, dan kantor tersebut menjadi sebuah komplek bangunan
(semacam multiplex, cineplex, dll). Lobinya didekorasi dengan piano,
lampu lava, kumpulan server lama, dan proyeksi tanda tanya di dinding.
Lorongnya penuh dengan bola dan sepeda latihan. Setiap karyawan memiliki
akses menuju pusat hiburan kantor. Kebutuhan yang disediakan tersebar
di seluruh kampus dan termasuk sebuah gimnasium dengan alat-alat
olahraga, ruang loker, kamar mandi, ruang pijat, permainan video,
Foosball, anak piano besar, meja bilyar, dan ping pong. Dengan tambahan
menuju ruang rekreasi, terdapat ruang makan terisi berbagai sereal,
permen beruang, gula-gula, permen hitam, kacang mede, yogurt, wortel,
buah-buahan segar, dan lusinan minuman seperti jus segar, soda, dan
cappuccino buatan sendiri.
• Papan letak di Googleplex
Tahun 2006, Google berpindah ke perkantoran seluas 28.900 m² di New York
City, tepatnya 111 Eighth Ave. di Manhattan Kantor tersebut dirancang
dan dibangun khusus untuk Google dan merumahkan tim penjualan iklan
terbesarnya yang telah berperan dalam menjaga kerjasama besar, terutama
dengan MySpace dan AOL. Tahun 2003, mereka menambah seorang petugas
pengembangan di New York City, yang telah bertanggung jawab untuk lebih
dari 100 proyek pengembangan, termasuk Google Maps, Google Spreadsheet,
dan lainnya. Diperkirakan bahwa bangunan tersebut menguras biaya $10
juta per tahun untuk sewa dan bentuk juga fungsinya sama dengan kantor
di Mountain View, termasuk Foosball, hoki udara, dan meja ping-pong,
juga area permainan video.[27] Pada tahun 2006, Google juga meresmikan
kantor baru untuk divisi AdWords-nya di Ann Arbor, Michigan.
Ukuran sistem pencarian Google belum diketahui; perkiraan jumlah server
perusahaan adalah 450.000, yang tersebar di 25 lokasi di seluruh dunia,
termasuk pusat operasi besar di Irlandia dan Atlanta, Georgia. Google
juga sedang dalam proses pembangunan pusat operasi besar di The Dalles,
Oregon, di tepi Sungai Columbia. Situs tersebut, disebut media sebagai
Project 02, dipilih karena ketersediaan tenaga hidroelektrik dan stok
kabel fiber optik besar, yang ditinggalkan sejak musim dot com pada
tahun 1990-an. Pusat komputasi ini diperkirakan seluas dua lapangan
sepak bola, dan telah menghasilkan ratusan lapangan kerja konstruksi,
mengakibatkan harga real estat lokal meningkat 40%. Setelah selesai,
bangunan ini akan menghasilkan 60 hingga 200 lapangan kerja permanen di
kota berpenduduk 12.000 orang itu. Google juga membuat langkah untuk
menjamin operasi mereka ramah lingkungan. Bulan Oktober 2006, perusahaan
ini mengumumkan rencana untuk memasang ribuan panel solar untuk
menyediakan 1,6 megawatt listrik, cukup untuk memenuhi 30% kebutuhan
energi kampus. Sistem ini akan menjadi sistem tenaga solar terbesar di
kampus perusahaan AS dan salah satu yang terbesar di dunia. Bulan Juni
2007, Google mengumumkan bahwa mereka berencana untuk berstatus bebas
karbon pada 2008, yang mencakup berinvestasi pada efisiensi energi,
sumber energi yang diperbarui, dan tidak menggunakan karbon, seperti
berinvestasi di proyek seperti mengumpulkan dan membakar metana dari
kotoran hewan di pertanian-pertanian Meksiko dan Brazil. "Dua puluh
persen" waktu Semua pengembang Google menyisakan 20% waktu kerja mereka
(sehari per minggu) pada proyek yang menarik mereka. Beberapa layanan
baru Google, seperti Gmail, Google News, Orkut, dan AdSense berasal dari
para pengembang independen ini. Dalam pembicaraan di Universitas
Stanford, Marissa Mayer, Wakil Presiden Google untuk Produk Pencarian
dan Kepuasan Pengguna, menyatakan bahwa analisisnya menunjukkan bahwa
setengah dari produk baru yang diluncurkan berasal dari 20% waktu
tersebut.
Telur paskah dan lawakan Hari April Mop Google memiliki sebuah tradisi
untuk membuat lawakan Hari April Mop — seperti Google MentalPlex, yang
memiliki fitur penggunaan kekuatan mental untuk mencari web. Tahun 2002,
mereka mengklaim bahwa merpati merupakan rahasia di belakang mesin
pencarinya yang berkembang itu. Tahun 2004, mereka meluncurkan Google
Lunar (yang diklaim untuk menghasilkan lowongan pekerjaan di bulan), dan
tahun 2005, sebuah minuman fiksi perangsang otak, bernama Google Gulp
diluncurkan. Tahun 2006, mereka datang dengan Google Romance, sebuah
layanan kencan online. Tahun 2007, Google mengumumkan dua produk
lawakan. Pertama adalah sebuah layanan Internet nirkabel gratis disebut
TiSP (Toilet Internet Service Provider) dimana seseorang memperoleh
koneksi dengan menyiram ujung kabel fiber optik ke toilet mereka dan
menunggu sekitar sejam untuk "Plumbing Hardware Dispatcher (PHD)" untuk
menghubungkannya dengan Internet. Tambahannya, halaman Gmail Google
menampilkan pengumuman untuk Gmail Paper, yang membolehkan pengguna
layanan email gratis mereka tersebut mendapat pesan email-nya
diterbitkan dan dikirim menuju alamat surat yang dituju. Beberapa orang
mengira pengumuman Gmail tahun 2004 sekitar Hari April Mop (juga
penggandaan ruang penyimpanan Gmail menjadi dua gigabita pada 2005)
bohong, meskipun keduanya berubah menjadi pengumuman asli. Tahun 2005,
sebuah grafik bohong menyatakan keberhasilan Google untuk penyimpanan
"tidak terbatas plus satu" GB ditampilkan dalam homepage Gmail.
Layanan Google berisi sejumlah telur Paskah; contohnya, halaman
Peralatan Bahasa menawarkan pencarian dengan bahasa "Bork bork bork"
dari Koki Swedia, "Hacker" (sebenarnya leet) dari Pig Latin, Elmer Fudd,
dan Klingon.[41] Dengan tambahan, kalkulator mesin pencari ini
menyediakan Answer to Life, the Universe, and Everything dari The
Hitchhiker Guide to the Galaxy oleh Douglas Adams. Sementara kotak
pencarian Google dapat digunakan sebagai penukar satuan (juga sebagai
kalkulator), beberapa satuan non-standar juga dimasukkan, seperti Smoot.
Google juga secara rutin merubah logonya dengan berbagai variasi
liburan atau hari khusus sepanjang tahun, seperti Natal, Hari Ibu, atau
ulang tahun sejumlah orang terkenal.
IPO dan budaya
Banyak orang berspekulasi bahwa IPO Google dapat mempengaruhi budaya
perusahaan,[44] karena tekanan pemegang saham untuk pengurangan
keuntungan karyawan dan jangka-pendek, atau karena jumlah karyawan
perusahaan yang besar dapat menjadi milyuner mendadak. Salam sebuah
laporan yang diberikan kepada investor berpotensi, pendiri Sergey Brin
dan Larry Page berjanji bahwa IPO tersebut tidak akan merubah budaya
perusahaan. Kemudian Page berkata, "Kami berpikir mengenai bagaimana
mempertahankan budaya dan elemen menyenangkan kami. Kami membuang banyak
waktu untuk membetulkan kantor kami. Kami berpikir penting untuk
memiliki banyak karyawan. Orang-orang dikumpulkan bersama di mana-mana.
Kami semua berbagi kantor. Kami menyukai kumpulan bangunan ini karena
terlihat seperti kampus universitas yang disatukan daripada sebuah taman
perkantoran pinggiran kota biasa."
Bagaimanapun, beberapa penganalis menemukan bahwa seiring Google tumbuh,
perusahaan ini makin menjadi "korporat". Tahun 2005, artikel di The New
York Times dan sumber lainnya menyatakan bahwa Google telah kehilangan
anti-korporatnya, tanpa filosofi asal. Dengan maksud untuk
memepertahankan budaya unik perusahaan, Google telah menghasilkan
seorang Chief Culture Officer pada 2006, yang juga melayani sebagai
Direktur Sumber Daya Manusia. Kerja Chief Culture Officer adalah untuk
membangun dan mempertahankan budaya dan kerja pada jalan yang benar
menuju hasil inti bahwa perusahaan ini didirikan pada awalnya — sebuah
perusahaan kecil, langkanya hirarki, sebuah lingkungan yang kolaboratif.
BAB III
PENUTUP
3.1. Saran
Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis
kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang
terbaik yang dapat dicapai. Banyaknya sektor kehidupan yang ada
diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang
baru untuk kemajuan peradaban manusia.
3.2. Kesimpulan
Semoga makalah ini dapat menggerakkan manusia Indonesia untuk lebih
berkarya dan berinovasi sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia
sehingga mampu meningkatkan image bangsa di mata bangsa di dunia.
SUMBER : http://makalahsejarahgoogle.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar