Social Icons

Pages

Rabu, 26 Januari 2011

Jangan Mengorek Telinga Memakai ‘Cotton Buds’

dokter memberikan informasi mengenai perawatan telinga yaitu tidak dianjurkan mengorek telinga dengan ‘cotton buds’ , karena :

1. Bisa mengakibatkan kotoran yang sudah ada bertambah masuk lagi ke dalam karena terdorong kapas tersebut (ujung ‘cotton buds’ tumpul).

2. Apabila keseringan, maka dapat mengakibatkan kapas yang ada di ujung tangkai itu dapat tertinggal sedikit demi sedikit dan kemungkinan dapat menjadi kotoran.

3. Apabila mengoreknya terlalu dalam, dapat juga mengakibatkan pecahnya gendang telinga.

Itulah sebabnya Pak Dokter menyarankan :

1. Memakai penutup telinga kalau mandi (saya belum pernah melihat alat ini)

2. Minimal 3 bulan sekali membersihkan telinga di THT atau Puskesmas terdekat (biar lebih aman).

3. Apabila terpaksa, jangan membeli sembarangan ‘cotton buds’. Pilihlah ‘contton buds’ yang sudah mempunyai merk dagang yang patent (lihat dalam kemasannya).

Mudah-mudahan info di atas dapat membantu kompasioner agar mengurangi atau berhenti dari kebiasaan-kebiasaan mengorek telinga dengan ‘cotton buds’.

http://kesehatan.kompasiana.com/medi...i-cotton-buds/

cara membersihkan Telinga yang baik dan benar:

1. Membersihkan kotoran telinga sebenarnya cukup sebatas daun telinga saja, tidak perlu sampai ke liang telinga

2. Kotoran telinga sebenarnya akan mengering dengan sendirinya tanpa harus dibersihkan. Pada liang telinga, tepatnya di 1/3 bagian luar telinga yang berbulu, terdapat kelenjar minyak atau serumen. Ini berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran, serangga, serta bakteri. Dalam keadaan normal kelenjar ini akan mengeluarkan minyak sedikit demi sedikit, meleleh keluar ke daun telinga. Limbahnya menyerupai kotoran yang liat atau lembek, namun akan mengering dengan sendirinya. Setelah kering, kelenjar tadi akan memproduksi minyak kembali. Demikian mekanisme kerjanya dalam membersihkan telinga secara alami.

3. Jika kotoran yang ada telah mengeras di dekat gendang telinga, Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%).




cotton buds justru akan mendorong kotoran masuk kedalam telinga

Tidak ada komentar:

 

Sample text

Sample Text

Sample Text